Jual Thermocouple di Glodok Jakarta

Thermocouple Glodok
Mengenal Thermocouple 

Thermocouple adalah salah satu alat untuk mengukur temperature panas yang mana alat ini seringkali digunakan pada segmen industrial. Ada banyak ukuran dan jenis yg terdapat pada thermocouple, namun biasanya itu disesuaikan dengan jenis material yang mau diukur. Biasa nya material yang mau di ukur seperti material cairan, udara, molding atau yg lain nya. Thermocouple memiliki banyak type, dan masing-masing type memiliki spesifikasi dan ketahanan suhu yang berbeda. Ada type K, PT100, type S, type R, type J, type T, type B.


Cara kerja Thermocouple 
Prinsip cara kerja thermocouple sangatlah simple, thermocouple hanya membaca pada saat di koneksikan dengan temperature control dan di celupkan atau di masukan ke dalam objek panas yang mau di ukur temperature panas nya, itu cara bekerja nya secara inti nya. Namun pada thermocouple yang digunakan untuk mengukur media yang bentuknya cairan alumunium atau cairan baja haruslah dengan sensor yang dilapisi dengan material yang tahan terhadap suhu panas cairan tersebut. Namun pada prinsip nya cara bekerja thermocouple semua sama. 

Pengguna Produk Thermocouple 
Segmentasi pengguna produk thermocouple di dunia industri sangat lah besar, dan hampir semua industri yang melibatkan pemanas pasti menggunakan thermocouple untuk hal pembacaan suhu. Industri-industri yang menggunakan thermocouple itu sendiri yaitu:

Industri Makanan dan Minuman
Pada Industri makanan thermocouple sangatlah banyak digunakan terutama untuk mengukur pemanas dalam memanaskan bahan baku, melumerkan bahan makanan, atau juga mengeraskan makanan untuk di bentuk. Thermocouple yang digunakan pada industri makanan sangatah massive dan variatif, dan hampir di semua produksinya menggunakan pemanas. Begitupun pada industri minuman kebanyakan pemanas dipakai untuk proses memasakkan air dan thermocouple nya pun paling banyak untuk di celupkan ke material cair. 

Industri Plastik
Industri plastik sangatlah banyak menggunakan pemanas seperti pada industri makanan dan otomatis pula, sangat banyak thermocouple yang digunakan untuk mendeteksi suhu panas di industri tersebut. 

Industri Alumunium
Pada industri alumunium thermocouple yang digunakan tidak terlalu banyak mengingat jumlah produk yang di hasilkan tidaklah massive seperti industri makanan dan minuman. Namun biarpun penggunaan thermocouple tidak sebanyak industri makanan bukan berarti industri almunium tidak perlu menggunakan thermocouple. Di industri tersebut 
Thermocouple yang digunakan adalah thermocouple yang pembacaan nya diatas 500 derajat celcius. Biasanya pada industri tersebut pemakaian thermocouple adalah untuk mengukur panas nya casting atau cairan almunium yang nanti nya akan dibentuk menggunakan molding untuk menjadi piston, pedal motor, footstep atau apapun yang menggunakan bahan dasar almunium.  

Industri Farmasi
Industri farmasi juga salah satu industri yang banyak menggunakan teknologi heat treatment. Pada industri ini proses heater yang paling sering digunakan adalah di bagian laboratory tepat nya menggunakan lab furnace, yaitu untuk proses mengeraskan material yang akan diolah menjadi obat-obatan. Seiring digunakan nya lab furnace, alat pengukur suhu /thermocouple nya juga paling banyak digunakan untuk mengukur suhu panas pada lab furnace tersebut.

 
Bagaimana Cara penggunaan thermocouple ?? 

Mengenai proses instalasi pada thermocouple ini cukup dibilang mudah, inti nya hanya memasang pada bagian yang mau dipanaskan lalu kabel thermocouple nya di koneksikan dengan temperature control dan selanjutnya thermocouple sudah bisa membaca suhu panas yang diukur. Dan thermocouple sendiri sangat banyak variasi type nya dan setiap type memiliki material yang berbeda-beda. Khusus untuk thermocouple yang menggunakan material keramik dan silicone nitride kami sarankan agar berhati-hati dalam proses memasang serta mencabut nya dari objek panas, mengapa? Karena khusus untuk material sangat rentan dengan pecah, jika sudah pecah maka thermocouple tidak bisa digunakan lagi, selain itu thermocouple yang memiliki material keramik juga biasanya digunakan untuk pembacaan suhu diatas 1000 derajat celcius. Sedangkan thermocouple yang menggunakan material silicone nitride (import) ini juga rentan pecah apalagi dalam kondisi panas, walaupun material ini hanya digunakan untuk membacca temperature maksimal 1000 derajat celcius.

Bagaimana Cara Perawatan thermocouple ? 

Mengenai tips perawatan dan pola maintenance thermocouple, selama ini tidak ada aturan baku sih dari standar nasonal maupun internasional. Intinya selagi thermocouple itu terhindar dari korosi dan binantang seperti tikus yang kadang menggigit kabel thermocouple nya thermocouple masih tergolong aman. Selain itu thermocouple biasanya di kalibrasi, gunanya untuk menjaga dan memastikan bahwa thermocouple itu layak digunakan dan bisa membaca suhu panas.

Daftar Harga Thermocouple


Daftar Harga Thermocouple Harga
1 MEMBRAN for RDA 25 NC 3
Rp 210.000
2 TUBULAR HEATER
Rp 290.000
3 THERMOCOUPLE TYPE K
Rp 350.000
4 THERMOCOUPLE TYPE K SLC 1
Rp 400.000
5 Tapered Thermowell
Rp 480.000
6 STICK THERMOMETER
Rp 550.000
7 RTD PT100 Single Element
Rp 600.000
8 RTD PT100 SLC 8 20mm
Rp 600.000
9 RTD PT100 SLC 5
Rp 650.000
10 PROBE TYPE K
Rp 650.000

Video Kami


Anda bisa memperoleh thermocouple dengan berbagai macam type dan material pada kami di :

PT. NEO INDO ELEKTRIK di kontak marketing kami dengan Dadan Ramadhan , 081318865753 / 081299579042 Kami siap menyediakan jenis thermocouple sesuai dengan yang Anda butuhkan dengan kualitas terbaik. Dan brand kami sudah terdaftar yaitu Indothermo®. Kami bisa memberikan garansi yang terbaik dan jaminan mutu yang istimewa.

Workshop kami di Tangerang tepat nya di kawasan pergudangan cipondoh kav. DPR blok B115, Kota Tangerang. 

You may like these posts