Tablet Android Pertama ASUS dengan Prosesor Intel

Tablet Android Terbaru Fonepad 2013 ASUS dengan Prosesor Intel - Semakin mantap bermain di pasar perangkat bergerak digital di Indonesia. Setelah bersama Acer meluncurkan ponsel cerdas Liquid C1, yang diperkuat prosesor Intel Atom Z2420, kini giliran tablet Asus yang memakai prosesor sejenis. Namanya Fonepad.

Selasa lalu, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Asus secara resmi meluncurkan Fonepad untuk pasar Indonesia. Inilah tablet pertama yang mengusung prosesor buatan Intel. Seperti Liquid C1, Fonepad juga memakai prosesor Intel Atom Z2420 berkecepatan 1,2 gigahertz.

 Tablet Android Pertama ASUS dengan Prosesor Intel
Salah satu fitur yang digadang-gadang Asus dari Fonepad adalah kemampuannya untuk berfungsi sebagai telepon, meski luas layarnya mencapai 7 inci. Selain bisa menelepon, tablet ini juga dilengkapi dengan konektivitas nirkabel Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan 3G.

Tablet Android Pertama ASUS dengan Prosesor Intel

"Fonepad adalah produk yang lengkap sehingga semua kebutuhan untuk komunikasi dan akses data bisa dipenuhi dari tablet ini," ujar Juliana Chen, Business Development Manager Asus Indonesia, dalam acara peluncuran tersebut.

Teknologi in plane switching (IPS) dengan sentuhan 10 titik sekaligus disematkan pada layar tablet seharga Rp 2,899 juta ini. Hasilnya, gambar terlihat cerah meski dilirik dari sudut paling sempit. Gambar kian tajam berkat resolusi layar yang mencapai 1.280 x 800 piksel.

Untuk urusan penyimpanan, Fonepad memiliki kapasitas internal sebesar 8 gigabita dan bisa ditambah hingga 32 gigabita berkat slot kartu microSD. Sebagai bonus, Asus menyediakan layanan komputasi awan Asus Webstorage sebesar 5 gigabita untuk seumur hidup.

Tablet Android Pertama ASUS dengan Prosesor Intel

Fonepad menggunakan sistem operasi Android paling mutakhir Jelly Bean. Sistem operasi dan aplikasi bekerja pada ruang RAM berukuran 1 gigabita. Baterai Li-polymer 4.270 mAh membuat tablet bisa memutar video full HD selama sembilan jam tanpa henti.

Agar terkesan mewah, bodi Fonepad dibalut dengan bahan aluminium yang dipoles dalam dua warna, titanium gray dan champagne gold. Bahan ini membuat tablet tetap kokoh namun bobotnya cukup ringan, yakni hanya 340 gram.

Asus menghindari terlalu banyak lubang di pinggiran tablet karena mereka meletakkan slot kartu SIM dan kartu memori di bagian belakang. Kedua slot ini bisa diakses dengan membuka plastik penutup yang memanjang dekat kamera belakang.


Fonepad diperkuat kamera belakang dengan resolusi 3 megapiksel, sedangkan kamera depan bisa memotret hingga resolusi 1,2 megapiksel. Rekaman video sendiri bisa dikerjakan pada resolusi HD. Untuk navigasi, Asus melengkapi tablet dengan GPS, Glonass, dan A-GPS.


Perusahaan telekomunikasi Telkomsel melirik Fonepad ke dalam strategi pemasaran mereka. "Perpaduan Asus dan Intel pasti menarik bagi pelanggan," ujar Division Head Device Bundling and Customization Strategy Telkomsel, Arief Pradetya. ANTON WILLIAM Tempo

You may like these posts