"Bunda, Pakaian Ini Luar Biasa ! - Kisah Muslimah

Seseorang yang bijak memilih buku bukan karena sampulnya, melainkan apa yang terdapat didalamnya atau yang disampaikannya, begitupun seseorang yang bijak menilai orang lain bukan hanya karena apa yang dikenakannya atau dipakainya tetapi hatinya.

Tetapi sulit untuk membuat masyarakat pada saat ini berpikir bijak sepert iitu, hanya segelintir orang yang dapat berpikir luas dan tidak berpikir dengan sudut pandang yang sempit.

Entah memang sudah kebiasankah manusia memandang sesuatu dengan cara melihat penampilannya saja ,Hal ini terjadi pada diriku saat memutuskan untuk mengenakan hijab/jilbab, mereka melihatku dengan pandangan aneh melihat cara berpakaianku yang kebesaran, rok panjang, jilbab yang lebar masih ditambah dengan kaos kaki, saat memakai pakaian istimewa itu yang pertama kali komentar adalah orang rumah, khususnya bunda, masih ingat apa yang dikatakan beliau saat itu, “nak’ pake jilbab yang biasa ja, ga usah yang lebar-lebar gitu”.

Singkat cerita, aku paham maksud beliau, ada gurat rasa khawatir anak perempuannya ini sudah terbawa ajaran yang dibilang aneh atau sesat, aku mencoba menyampaikan apa yang ada di fikiran ku saat itu, “bunda, perempuan itu kan seluruh tubuhnya menarik, dari belakanng menarik, dari depan menarik, karena hal-hal yang menarik itu khawatir membuat laki-laki tertarik atau berpikir dan berbuat yang tidak baik, walaupun tidak semua laki-laki seperti itu, tetapi nanda hanya mengantisipasi ,karena itu,tubuh nanda ditutup dengan pakaian yang longgar, jilbab yang lebar, bukan bermaksud ikutan aliran siini atau siitu, tetapi ilmulah yang membawa nanda untuk menutup aurat, 


dalam Al- Qur’an surat Al-Ahzab:59, An-Nisa ayat 30 banyak ayat-ayat yang menganjurkan memakai jilbab.
Kekhwatiran bunda saat ini dapat nanda pahami, tapi bunda ’ini adalah tubuh nanda, nanda lebih paham bagaimana membuat nyaman diri nanda, nanda tidak ingin tubuh nanda dipandang dengan pandangan yang tidak manusiawi.

Pilihan nanda menutup aurat dengan pakaian longgar, jilbab yang lebar+kaos kaki, bukan sekedar ikut-ikutan, bukan bun’ karena  Alloh melarang kita mengikuti sesuatu tanpa ada ilmunya , (seperti terdapat dalam surat Al-Isra’(17):36)
Bunda perubahan nanda saat ini tidak lain atas ikut campur dari do’amu, nanda yakin sangat yakin, didalam do’a mu seusai shalat engkau pasti mendo’akan nanda, berharap nanda menjadi anak yang sholeha, berbakti kepada orang tua, berguna bagi agama dan masyarakat, menjadi anak yang sukses, dan berharap menjadi pribadi yang lebih baik.

(sebuah do’a yang klise yang sering kali diucapkan ole hpara orang tua, tapi sangat dahsyat)
bunda’  doa mu terkabul sekarang!! Terkabul bunda’,  lihatlah anak mu yang dulu tomboy yang selalu memakai celana menggantinya dengan rok panjang, anak mu yang selalu  memakai kaos dan baju yang ngepas dn ngetat, kini menggantinya dengan baju yang panjang dan longgar, rambut pendeknya kini ditutup dengan jilbab lebar, do’amu terkabul bunda’  anakmu yang suka keluyuran kini lebih senang berkumpul dengan saudari-saudarinya dimajlis ta’lim, do’amu terkabul bunda’  anakmu yang dulu punya banyak temanl aki-laki, kini lebih menjaga diri, bunda, secara tidak langsung Alloh tlah mengabulkan do’amu, bunda apa kau masih ragu dengan anakmu?  Apa engkau lebih percaya orang lain yang menilai anakmu sebagai orang yang aneh???

Ya’ karena pilihan anak mu ini, banyak orang yang menilai aneh.., orang-orang mengatakan nanda sebagai anggota organisai, mereka mencap nanda sebagai aliran sesat, jilbaber, teroris, teman nanda bilang nanda fanatik, guru nanda bilang nanda ikut organisasi terkait, bun’ apa yang salah dengan pakaian nanda? Mengapa mereka menilai nanda hanya lewat pakaian??, bun’ apa nanda salah jika mencoba mempraktekan yang disuruh Alloh??
Apa yang ada dipikiran mereka???Apa celana super ketat dan baju yang menampakan bentuk tubuh itu biasa ? apakah menampakan rambut yang terurai itu biasa????Apakah itu biasa bun’???? lalu melihat yang tertutup di nilainya aneh???
Bunda padahal pakaian yang kukenakan ini adalah bentuk penghormatan dan kasih sayang Alloh,  bunda lihat saat nanda membeli sesuatu, dengan hati-hati sipenjual memberikan kembaliannya  agar tidak menyentuh nanda, dan saat yang lain digodain dengan suitan nakal, nanda dido’ain dengan salam………

Bun’ pakaian ini luar biasa……!!


By: Laila Mahasiswa Bina Madani


You may like these posts